Cara Cek Tagihan Listrik Secara Online

Sejak 31 Oktober 2016, PLN melalui halaman artikel di website www.pln.co.id menyatakan aplikasi PLN MOBILE resmi diliris. Akses layanan PLN semakin mudah dengan aplikasi PLN MOBILE yang ada di genggaman pelanggan melalui smartphone berbasis Android. Aplikasi tersebut merupakan produk inovasi dari PLN yang bekerjasama dengan PT. Indonesia Connect Plus sebagai anak perusahaan PLN.

PLN MOBILE adalah suatu aplikasi Mobile Customer Self Service yang terintegrasi dengan Aplikasi Pengaduan dan Keluhan Terpadu (APKT) dan Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T). PLN MOBILE merupakan wujud inovasi dan layanan Contact Center PLN 123 yang juga dapat diakses melalui telepon 123, handphone (kode area + 123), Facebook PLN 123, Twitter @pln_123 dan email pln123@pln.co.id. Layanan bagi pelanggan PLN ini diharapkan dapat mendukung perbaikan tata kelola Layanan Pengaduan dan Keluhan Pelanggan yang lebih maksimal serta memutus jalur birokrasi dan prosedur.

Dengan PLN MOBILE, pelanggan maupun calon pelanggan lebih mudah mendapatkan informasi tentang tagihan listrik, informasi pemadaman maupun informasi lainnya yang berkaitan dengan layanan PLN kepada masyarakat. Selain itu, pelanggan juga dapat dengan mudah menyampaikan keluhan atas gangguan kelistrikan yang terjadi.

Adapun fitur-fitur yang tergabung dalam aplikasi ini meliputi:

  1. Cek tagihan dan riwayat token;
  2. Simulasi permohonan pasang baru/perubahan daya/penyambungan sementara;
  3. Permohonan pasang baru/perubahan daya/penyambungan sementara;
  4. Informasi tarif listrik terkini;
  5. Cek status pengaduan dan permohonan;
  6. Berita terkini dari PLN;
  7. Informasi pemeliharaan listrik; dan
  8. Telepon contact center PLN 123 dengan Voice over Internet Protocol (VoIP).

Aplikasi PLN MOBILE dapat diunduh melalui smartphone berbasis Android di Google Play Store dengan mengetik PLN MOBILE. Dalam kurun waktu hampir setahun, yakni 10 September 2017, PLN terus mengembangkan versi terbaru PLN MOBILE sebagai aplikasi berbasis Android dengan cara meningkatkan kualitas dari sisi layanan dan penggunaan yang lebih user friendly. Aplikasi yang sudah ter-download oleh lebih dari 170.000 pengguna ini memiliki fitur yang dapat memudahkan pelanggan untuk mengakses layanan listrik dalam satu genggaman. PLN MOBILE ini diharapkan dapat menjadi salah satu cara PLN untuk lebih dekat dan mudah diakses oleh pelanggan, karena terdapat fitur informasi pemeliharaan di lokasi pelanggan yang terdampak. Pelanggan juga dapat menyampaikan keluhan atas gangguan kelistrikan yang terjadi lewat aplikasi ini.

Perlu diketahui bahwa satu akun PLN MOBILE bisa mendaftarkan maksimal empat IDPEL (ID PELANGGAN). Untuk itu, pelanggan seluruh golongan tarif dapat mendaftarkan IDPEL-nya dan segera memanfaatkan fitur-fitur di dalamnya sehingga pelanggan juga dapat mengontrol tagihan listrik dan riwayat pemakaian token listrik secara remote. Sesuai sumber dari website www.pln.co.id, adapun kontak yang bisa dihubungi terkait aplikasi PLN MOBILE adalah sebagai berikut:

Kontak:

I Made Suprateka
Kepala Satuan Komunikasi Korporat
Tlp. 021 7251234
Facs. 021 7227059

Saat Anda sudah melakukan pengunduhan melalui Google Play Store, berikut ini tampilan untuk aplikasi PLN MOBILE:

Kemudian setelah Anda klik, akan muncul tampilan seperti berikut ini:

Ketika Anda membutuhkan informasi tagihan listrik, maka Anda hanya tinggal menekan/ klik menu “Informasi”. Setelah itu akan muncul pemberitahuan seperti gambar dibawah ini:

Setelah itu, Anda klik menu paling atas yakni “Informasi Tagihan dan Token Listrik”, kemudian Anda diwajibkan mengisi IDPEL atau No Meter Anda. Untuk gambar tampilannya seperti berikut:

You May Also Like

About the Author: Rosianag

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *