Cara Membayar Air PDAM Secara Online

Menunaikan kewajiban seperti melakukan pembayaran tagihan terdapat 2 cara. Dua cara membayar tagihan kebutuhan rumah tangga kini bisa melalui cara manual dan dengan cara online. Salah satu kebutuhan hidup kita sehari-hari yang pokok adalah air bersih. Air bisa didapatkan dengan cara bor sumur atau melalui aliran dari PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum). Masyarakat Kota pada umumnya menggunakan air melalui aliran PDAM di masing-masing daerahnya, walaupun tidak menutup kemungkinan untuk masyarakat di pedesaan juga memilih air bersumber dari PDAM. Tergantung bagaimana keadaan tanah di sekitar tempat tinggalnya.

Informasi aliran air dari PDAM bisa didapatkan dengan langsung mengunjungi Kantor PDAM terdekat, beberapa informasi tersebut adalah: informasi pemasangan sambungan baru air minum, permohonan penutupan sementara, pembukaan kembali, dan permohonan balik nama. Para pelanggan dengan segala kesibukannya, sangat banyak dijumpai lebih memilih melakukan pembayaran tagihan air PDAM secara online.

Ada beberapa platform online melalui website atau apliaksi android yang memberikan fasilitas pembayaran air PDAM secara online. Anda tidak harus berkunjung ke gerai khusus pembayaran tagihan air PDAM ataupun langsung datang ke kantor PDAM. Beberapa platform tersebut adalah Tokopedia, Matahari Mall, Website Resmi kantor PDAM dimana Anda melakukan pembukaan air PDAM, khusus untuk website resmi PDAM tidak semuanya menyediakan sehingga harus dikonfirmasikan ke kantor PDAM tersebut, dan platform lainnya.

Kali ini akan dijelaskan 1 platform yang dengan sangat mudah memberikan layanan pembayaran tagihan air PDAM secara online yakni Tokopedia. Website resmi untuk Anda dapat melakukan pembayaran adalah https://www.tokopedia.com/pdam/ dan apabila Anda ingin lebih mudah lagi bisa langsung mengunduh aplikasi pada smartphone Anda melalui Play Store. Sebagai contoh, kami akan jelaskan untuk pembayaran air PDAM melalui website Tokopedia. Anda hanya tinggal membuka alamat website tadi, kemudian muncul seperti pada gambar berikut ini:

Setelah Anda mendapati tampilan tersebut, langkah selanjutnya adalah memilih wilayah dimana Anda melakukan pemasangan dan mengisi Nomor Pelanggan pada kolom dibawah pilihan wilayah. Selain melakukan pilihan wilayah dan mengisi nomor pelanggan, untuk melakukan pembayaran Anda diharuskan log in. Apabila Anda belum memiliki akun Tokopedia, Anda bisa langsung register terlebih dahulu. Adapun untuk metode pembayarannya yakni bisa menggunakan Saldo Tokopedia, kartu kredit, internet banking atau metode pembayaran instan seperti Klik BCA, BCA Klik Play, Mandiri Clickpay, Mandiri e-cash, e-Pay BRI. Selain itu Anda juga bisa membayar di minimarket terdekat yakni di Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Lawson dan 7-Eleven hingga di Pos Indonesia. Dan sebagai catatan penting bagi Anda yang ingin melakukan pembayaran air PDAM secara online melalui Tokopedia, berikut ini syarat dan ketentuan pembayaran tagihan air

  1. Pastikan Anda sudah memiliki akun Tokopedia dan sudah melakukan verifikasi nomor handphone. Untuk panduan verifikasi nomor handphone, bisa Anda klik: https://www.tokopedia.com/bantuan/217150866-pengaturan-akun/#verifikasi-nomor-handphone.
  2. Pengguna akan dikenakan biaya administrasi berkisar antara Rp1.500 – Rp2.500bergantung pada kebijakan masing-masing PDAM Wilayah.
  3. Biaya administrasi dikenakan per tagihan bulanan. Jadi, jika Anda melakukan pembayaran 2 bulan tagihan air PDAM dalam satu transaksi, Anda akan dikenakan 2x biaya administrasi.
  4. Dalam 1 transaksi, jumlah total tagihan yang ditampilkan adalah seluruh komponen biaya yang meliputi akumulasi seluruh tagihan bulanan yang belum terbayarkan, denda (bila ada), dan biaya administrasi.
  5. Pembayaran tagihan air PDAM yang dilakukan setelah tanggal jatuh tempo setiap bulannya akan dikenakan denda. Penetapan tanggal jatuh tempo pada masing-masing PDAM berbeda dan bergantung pada kebijakan masing-masing PDAM Wilayah.
  6. Tokopedia tidak bertanggung jawab atas kesalahan pembayaran tagihan air PDAM yang dikarenakan kesalahan input nomor pelanggan atau nomor meteran oleh pengguna.
  7. Pihak resmi Tokopedia tidak pernah meminta email dan password akun pengguna. Mohon untuk tidak memberikan data tersebut ke pihak manapun.
  8. Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.
  9. Pembayaran tagihan air PDAM sebaiknya dilakukan antara pukul 07.00 – 19.00 WIB. Khusus untuk PDAM Probolinggo dan Purworejopembayaran hanya dapat dilakukan pada hari Senin-Sabtu pukul 07.00-14.00 WIB.
  10. Proses verifikasi pembayaran tagihan air PDAM bisa membutuhkan waktu hingga 2×24 jam.
  11. Informasi lebih lanjut seputar pembayaran dan hal yang berkaitan dengan tagihan air PDAM dapat ditanyakan langsung pada masing-masing PDAM Wilayah.

Jadi, tidak ada alasan bagi Anda untuk telat membayar tagihan air PDAM. Dengan segala kesibukan, Anda dapat melakukan pembayaran air PDAM secara online.

You May Also Like

About the Author: Rosianag

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *