Cara Membayar Listrik Secara Online

Kebutuhan sehari-hari saat ini tidak terlepas dari tenaga arus listrik. Semua yang kita kerjakan hampir secara keseluruhan membutuhkan arus listrik sebagai tenaga penunjangnya. Selain itu, kesibukan kita sehari-hari yang harus ditunaikan juga cukup menyita waktu hampir seharian. Hal tersebut tidak bisa dijadikan alasan untuk tidak tepat waktu dalam melakukan pembayaran tagihan, khususnya listrik. Untuk dapat melakukan cek tagihan dan pembayaran listrik secara mudah dan cepat, Anda bisa memilih cara online dibanding manual datang langsung ke gerai pembayaran listrik. Sebagai Perusahaan Listrik Negara, PLN sudah bekerja sama secara resmi dengan berbagai bank perihal pembayaran tagihan listrik. Salah satu cara yang Anda bisa tempuh adalah dengan Layanan Bank Mandiri. Bagi Anda pengguna bank Mandiri, Anda bisa memilih dan menikmati fasilitas Internet Banking Mandiri.

Fasilitas internet banking sebagai alat bantu pembayaran listrik secara online memiliki beberapa tahapan sebagai berikut:

  1. Buka situs Mandiri Internet diĀ co.id.
  2. Pilih Login Personal Mandiri Internet.
  3. Setelah muncul halaman log in, masukkan user id dan PIN Mandiri internet
  4. Lanjutkan dengan mengeklik Kirim.
  5. Setelah log in, Anda akan dibawa ke halaman Mandiri Internet. Pada menu yang ada di sebelah kiri, pilih Bayar. Kemudian pilih Listrik/Gas.
  6. Selanjutnya, pada formulir pembayaran listrik yang ditampilkan, pilih nomor rekening Mandiri Anda, tentukan penyedia layanan, dan isi nomor pelanggan
  7. Jika ingin menyimpan pembayaran, centangĀ check boxSimpan di Daftar Pembayaran dan berikan keterangan di kolom keterangan. Lalu klik Lanjutkan
  8. Kemudian, akan muncul halaman konfirmasi pembayaran yang berisi nama pelanggan, bulan tagihan, jumlah tagihan, biaya administrasi, serta jumlah uang yang dipotong dari tagihan
  9. Selanjutnya, hidupkan token Mandiri dengan mengeklik tombol segitiga merah. Maukkan PIN kamu, dan setelah muncul kata APPLY, tekan tombol angka 1.
  10. Masukkan Challenge Code yang muncul di layar Mandiri Internet ke token Mandiri
  11. Tunggu sampai token Mandiri menampilkan 6 digit kode respons. Kemudian, masukkan kode tersebut ke kolom konfirmasi di halaman Mandiri Internet dan pilih Lanjutkan.
  12. Jika token sudah benar, maka akan muncul notifikasi bahwa transaksi pembayaran tagihan listrik Anda sudah berhasil.

Untuk dapat menggunakan fasilitas ini, Anda diharuskan melakukan pendaftaran internet banking Mandiri. Apabila Anda belum terdaftar, maka Anda tidak bisa melakukan log in. Pendaftaran untuk mengaktifkan internet banking Mandiri, bisa langsung dengan datang ke Kantor Cabang Mandiri dan memilih layanan customer service atau bisa melalui ATM serta website resmi bank Mandiri.

Syarat untuk registrasi internet banking Mandiri adalah sebagai berikut:

  1. Anda harus mempunyai rekening bank Mandiri baik rekening tabungan, rekening giro, dan atau mata uang lainnya.
  2. Anda harus mempunyai kartu debet Mandiri jika ingin registrasi melalui ATM, dan bila mendaftar meaui Kantor Cabang Mandiri terdekat, maka harus menunjukan bukti kepemilikan rekening tabungan bank Mandiri disertai dengan kartu identitas yang syah dan masih berlaku (SIM, KTP, PASPOR).

Jika Anda belum mempunyai kedua poin diatas, Anda bisa langsung mengurusnya di cabang bank Mandiri terdekat. Selain bank Mandiri, adapun bank lainnya yang dapat memberikan fasilitas membayar tagihan listrik secara online. Untuk langkah-langkah kurang lebih tidak jauh berbeda, yang jelas Anda diharuskan mengaktifkan akun internet banking terlebih dahulu.

You May Also Like

About the Author: Rosianag

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *