Cara Perpanjang Paspor secara Manual

Paspor merupakan salah satu dokumen penting yang harus Anda bawa ketika melakukan perjalanan ke luar negeri. Dokumen paspor terbagi menjadi 2 jenis berdasarkan jumlah halamannya, ada yang berisi 24 halaman dan ada juga yang berisi 48 halaman. Namun keduanya memiliki masa berlaku yang sama, yaitu maksimal 5 tahun. Jadi perkirakan apabila Anda merasa bahwa akan melakukan perjalanan berulang kali dan cukup panjang dalam 5 tahun kedepan, bisa membuat paspor dengan jenis 48 halaman. Hal tersebut membuat Anda memiliki waktu yang efisien karena tidak perlu membuat ke buku paspor yang berikutnya.

Bagi Anda yang sudah memiliki paspor dan menginjak di tahun ke-5. Bagaimana jika Anda ingin melakukan perpanjangan paspor sesuai aturan tahun 2017 secara manual? Banyak dari Anda yang masih minim terkait informasi tentang perpanjangan paspor bila masa berlaku sudah habis.Anda tidak perlu khawatir dalam mencari informasi bagaimana perpanjangan paspor.

Di era teknologi ini sudah banyak kemajuan dalam pengurusan paspor termasuk pengurusan secara online. Anda bisa melakukan pencarian apa saja syarat yang dibutuhkan melalui online terlebih dahulu ataupun langsung datang ke Kantor Imigrasi terdekat dengan tempat Anda tinggal. Beberapa kemajuan yang sudah ada sampai dengan saat ini terkait proses perpanjangan paspor adalah sebagai berikut:

  1. Sistem one day service, yaitu memperpanjang paspor dapat seesai dalam waktu 1 hari.
  2. Memperpanjang paspor dapat dilakukan di kantor imigrasi manapun meskipun tidak berdomisili di lokasi yang sama dengan domisili kantor imigrasi. Misalnya: KTP Anda ada di Bandung, maka Anda bisa melakukan perpanjangan paspor di kantor imigrasi Yogyakarta.

Adapun beberapa hal yang penting untuk dipahami saat melakukan perpanjangan paspor adalah sebagai berikut:

  1. Paspor hanya dapat diperpanjang jika sudah masuk masa kurang dari 6 bulan sebelum masa berlaku habis, kecuali jika ingin berganti dari paspor biasa ke e-paspor.
  2. Siapkan biaya penggantian paspor baru, untuk e-paspor sebesar Rp 655.000,- sementara untuk paspor biasa Rp 355.000,-.
  3. Berkas yang diperlukan untuk mendapatkan paspor baru: Akta kelahiran asli plus fotokopi, Kartu Keluarga asli plus fotokopi, KTP asli dan fotokopi, Paspor lama asli dan fotokopi bagian halaman paling depan & belakang, Pulpen hitam.
  4. Semua fotokopi tersebut harus di kertas ukuran A4, dan jangan sampai dipotong. Akta lahir dapat diganti dengan ijazah SD/SMP/SMA. Perlu diingat bahwa ijazah kuliah tidak dapat digunakan karena tidak ada nama orang tua.

Informasi yang dibutuhkan bagi Anda yang ingin melakukan perpanjangan paspor secara manual yakni datang langsung ke Kantor Imigrasi memiliki syarat wajib utama, yaps… kesabar tingkat tinggi. Beberapa tips yang bisa memudahkan Anda adalah:

  1. Memakai sepatu sopan, pakaian berwarna karena background foto adalah warna putih, dan usahakan memakai celana panjang.
  2. Kantor imigrasi membuka pelayanan paspor mulai pukul 07.00 pagi. Sebaiknya Anda datang pagi-pagi sekali, karena yang mengantri akan diberi nomor kuota oleh petugas imigrasi. Sekitar pukul 07.00 pagi, nomor antrian akan diberikan dengan syarat: Menunjukan nomor kuota, berkas persyaratan sudah lengkap, dan pemohon harus hadir saat mengambil nomor antrian, tidak boleh diwakilkan meskipun pemohonnya balita atau lansia.
  3. Khusus balita (maksimum 5 tahun), lansia (minimal 60 tahun), dan difabel (different ability), diberikan nomor antrian prioritas. Saat kantor imigrasi buka, pemanggilan diutamakan nomor antrian prioritas. Setelah nomor prioritas habis, baru pemanggilan selain nomor antrian prioritas.
  4. Pemanggilan untuk pengecekan berkas dan mendapatkan nomor antrian foto dan wawancara. Biasanya 5 atau 10 orang pertama (sesuai antrian) akan diarahkan untuk masuk terlebih dahulu. Petugas akan memeriksa apakah akta lahir atau ijazah asli, kartu keluarga, KTP dan paspor lama sudah sesuai, termasuk fotokopi berkas tersebut.
  5. Setelah sudah selesai, petugas akan memberi map berisi formulir yang harus diisi dan yang sudah diberi nomor sesuai urutan. Tidak disediakan pulpen jadi harus membawa pulpen hitam sendiri untuk mengisi. Apabila sudah selesai, tinggal menunggu dipanggil untuk wawancara.
  6. Pada saat wawancara, petugas akan menanyakan rencana kunjungan luar negeri yang akan dilakukan sehingga Anda harus menyiapkan jawaban yang jujur dan akurat.
  7. Setelah wawancara petugas akan mengambil foto di ruang wawancara kemudian memberi lembar untuk pembayaran biaya paspor sekaligus bukti untuk mengambil paspor.

Pembayaran sebaiknya dilakukan di hari yang sama di bank terdekat. Teller akan memberi bukti pembayaran dan langsung di klip dengan formulir pengambilan paspor. Paspor akan tersedia 3 hari kerja setelah membayar biaya paspor di bank, namun sebaiknya ikuti informasi dari petugas saat wawancara untuk mengetahui hari pengambilan paspor. Sebaiknya untuk pengambilan paspor dilakukan di atas jam 1 siang untuk memastikan paspor telah tersedia dengan membawa bukti pengambilan paspor dan bukti pembayaran. Biasanya waktu mencari paspor cukup lama, Anda harus bersabar. Petugas akan meminta tanda tangan di formulir dan paspor baru, kemudian memberikan paspor baru yang di fotokopi depan belakang untuk diberikan kepada petugas. Apabila pengambilan paspor ingin diwakilkan, Anda hanya diwajibkan membawa surat kuasa, KTP pemberi, dan yang diberi kuasa. Untuk pengambilan paspor anak, penerima kuasa harus memperlihatkan KTP asli kedua orang tua. Anda juga bisa bertanya informasi terkait pembuatan surat kuasa kepada petugas Kantor Imigrasi agar tidak peru bolak baik ke kantor tersebut.

You May Also Like

About the Author: Rosianag

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *