Layanan Antrian Paspor Online Tahun 2018

Bagi Anda yang memiliki jadwal padat merayap, kemudian menemui bahwa paspor Anda sudah dalam masa wajib diperpanjang atau ingin membuat paspor baru, Anda akan menemui jadwal ke luar negeri, dan dalam keadaan harus menyesuaikan dengan jadwal kerja Anda, manfaatkanlah Layanan Antrian Paspor secara Online. Walaupun Anda tetap harus datang ke Kantor Imigrasi untuk perihal wawancara tujuan perpanjangan paspor dan berangkat ke bank untuk melakukan pembayaran, setidaknya Anda akan menghemat waktu karena sudah mengetahui akan di proses pada tanggal berapa dan di waktu siang atau pagi. Anda tidak akan menemui hari dimana sudah full untuk nomor antrian dan harus pulang tanpa hasil.

Aplikasi permohonan paspor online adalah aplikasi yang dibuat untuk menghindari penumpukan calon pemohon paspor di unit layanan paspor / kantor imigrasi. Oleh karena itu aplikasi ini dibuat sedemikian rupa agar masyarakat yang ingin membuat paspor tidak perlu mengantri lagi di loket antrian unit layanan paspor, kini hanya dengan registrasi di aplikasi android, i-os, dan website permohonan paspor masyarakat bisa langsung memperoleh nomer antrian dan juga kejelasan kapan masyarakat tersebut akan dilayani di kantor imigrasi / unit layanan paspor. Selain itu dalam semua jajaran aplikasi permohonan paspor ini, masyarakat dapat memohon antrian sebanyak 5 permohonan, hal ini dilakukan untuk mempersingkat antrian jika ada pemohon yang ingin membuat paspor bersama keluarganya.

Adapun langkah-langkah tersebut dantaranya:

1. Kunjungi Website Resmi Imigrasi

Tahap pertama Anda harus melakukan pendaftaran dan registrasi secara online. Lakukan langah A dan B. Anda dapat membuka website imigrasi: www.imigrasi.go.id. Kemudian situs imigrasi akan terbuka. Setelah itu pilihlah menu “Layanan Antrian Paspor On-Line”.

Setelah Anda klik akan muncul seperti gambar dibawah ini:

Pada halaman utama terdapat formulir untuk masuk kedalam aplikasi, pendaftaran, dan lupa password. Untuk mendaftar ke aplikasi, klik link pendaftaran. Dan pilihan lupa kata sandi, klik link lupa kata sandi.

2. Pendaftaran dan Login

Pada page pendaftaran terdapat form yang mencakup semua data dimulai dari username, password, NIK (nomor Induk Kependudukan), nomor telepon, email, dan alamat. Selain itu beberapa data yang akan digunakan oleh aplikasi ini yaitu:

  • Username untuk identitas pengguna aplikasi, yang digunakan pada saat login ke aplikasi.
  • Password untuk digunakan bersamaan dengan username.

Email yang valid untuk validasi saat pendaftaran, lupa password, dan tujuan notifikasi saat membuat permohonan antrian paspor.

Setelah itu Anda akan langsung mendapatkan notifikasi berhasil, pendaftar bisa langsung mengecek email yang dikirimkan aplikasi antrian paspor. Berikut ini tampilannya:

Langsung saja klik “click here” untuk konfirmasi akun Anda. Setelah mengklik link tersebut user akan diarahkan ke page pemberitahuan bila akun telah di aktivasi dan pendaftar bisa langsung masuk kedalam aplikasi antrian paspor dengan username dan password yang didaftarkan pada proses sebelumnya.

Untuk login (masuk) kedalam aplikasi, masukan data yang digunakan pada proses pendaftaran. Setelah itu user akan angsung masuk kedalam aplikasi antrian paspor

3. Daftar Kanim dan Permohonan Antrian

Setelah user dapat masuk kedalam aplikasi, user akan langsung melihat daftar kantor imigrasi atau unit layanan paspor.

Pendaftar dapat melihat list kantor imigrasi atau unit layanan paspor. Pendaftar dapat langsung mengklik tombol “Buat Permohonan” pada kantor yang dikehendaki. Setelah itu pendaftar bisa memasukan tanggal yang tersedia dan dikehendaki oleh pendaftar, lalu pendaftar bisa memasukan jumlah permohonan (maksimal 5 permohonan). Berikut ini tampilan dalam memilih tanggal dan bulan. Pastikan tanggal tersebut masih ada kuota. Berikut ini contoh tanggal dan bulan yang sudah penuh antrian:

Dan berikut ini tanggal dan bulan yang masih tersedia untuk antrian online.

Setelah Anda memilih tanggal dan bulan untuk mengambil antrian online. Akan muncul pilihan waktu, apakah pagi atau siang. Jangan lupa untuk mengisi jumlah pemohon, agar Anda juga bisa menghemat waktu jika ingin membuatkan paspor keluarga Anda.

Setelah itu klik lanjut untuk memasukan data permohonan antrian paspor, pada halaman selanjutnya pendaftar tinggal memasukan data permohonan antrian paspor sebanyak jumlah permohonan yang dikehendaki.

Setelah ada notofikasi berhasil, silahkan cek daftar permohonan Anda, pemohon bisa langsung mengklik tombol menu “Daftar Permohonan”. Setelah itu akan tampil daftar permohonan yang dibuat oleh user, untuk melihat barcode user dapat mengklik kode booking dan akan tampil seperti dibawah ini:

Setelah mendapatkan kode antrian, sekaligus barcode pedaftar antrian paspor dapat langsung hadir di kantor imigrasi yang dikehendaki sesuai yang diharapkan.

You May Also Like

About the Author: Rosianag

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *