Pembayaran Listrik Online Dengan Aplikasi Tokopedia

Melakukan pembayaran listrik kini dapat Anda lakukan dimana saja, kapan saja, dan bahkan oleh siapa saja. Pembayaran listrik bisa dilakukan secara online dengan sangat mudah, cepat, dan akurat. Tidak hanya waktu Anda yang saved dan tidak terbuang karena harus mendatangi warung atau ke kantor PLN langsung, tapi juga akurasi nomor-nomor yang valid pasti akan Anda terima apabila melakukan pembayaran secara online. Semua rekap data akan Anda dapatkan secara terperinci. Hal tersebut sangat menguntungkan bagi Anda yang bekerja full time dan tidak sempat melakukan pekerjaan yang menghabiskan waktu di luar kantor dan jam kerja Anda.

Anda dapat dimudahkan dengan fitur beberapa lapak aplikasi untuk membayar listrik secara online. Salah satu apliaksi yang dapat Anda gunakan dengan mudah dalam melakukan pembayaran listrik secara online adalah Tokopedia. Menurut Wikipedia, Tokopedia merupakan salah satu pusat perbelanjaan daring di Indonesia yang mengusung model bisnis marketplace. Tokopedia memungkinkan setiap individu, toko kecil, dan brand untuk membuka dan mengelola toko daring. Sejak diluncurkan hingga akhir 2015, layanan dasar Tokopedia dapat digunakan oleh semua orang secara gratis. Yups, Anda dapat melakukan installing pada smartphone ataupun langsung masuk ke website apabila dibuka dengan menggunakan PC. Memang betul apabila slogan Tokopedia pada 2017 ini yakni “Semua Dimulai dari Tokopedia” yang cukup memudahkan Anda dalam membantu beberapa melengkapi kebutuhan Anda sehari-hari. Karena tidak hanya pembayaran listrik yang secara online dapat dilakukan, tapi juga list lainnya seperti gaya hidup, teknologi, kategori lainnya, produk keuangan, dapat Anda nikmati setiap saat.

Bagaimana sih cara mudah melakukan pembayaran listrik secara online lewat Tokopedia?

  1. Tentunya Anda diharuskan melakukan pengunduhan aplikasi Tokopedia atau sudah sebelumnya disebutkan, yakni langsung masuk ke website Tokopedia: tokopedia.com apabila melalui personal computer.
  2. Apabila Anda sudah mengunduh aplikasi tersebut, Anda akan dihadapkan oleh beranda dengan berbagai macam list. Pembayaran listrik online dapat Anda temukan pada list “Pembayaran & Top”. Ada banyak fasilitas pembayaran dan top up lainnya seperti pulsa, tiket kereta api, telkom, paket data, BPJS, dan fasilitas lainnya.

Setelah mempelajari terlebih dahulu pembayaran listrik online via Tokopedia ada di bagian mana, Anda harus log in atau masuk terlebih dahulu. Apabila Anda belum memiliki akun atau belum menjadi member Tokopedia, maka Anda diharuskan registrasi. Akan ada 3 pilihan selain melihat beranda, 2 lainnya adalah Masuk atau Daftar (dalam Bahasa Indonesia).

Setelah Anda masuk atau melakukan registrasi, Anda pilih opsi “Listrik PLN” yang ada di beranda. Akan ada 2 jenis layanan pembayaran listrik secara online, yaitu: Token Listrik dan Tagihan Listrik. Tolong disesuaikan dengan jenis mesin listrik Anda yaa… Jangan sampai salah pilih jenis pembayaran.

Setelah memilih jenis pembayaran, Anda diharuskan mengisi kolom “No. Meter/ ID Pelanggan”.

Anda akan dihadapkan pada tampilan data keteranga detail pembayaran atau pembelian. Pastikan secara betul dan apabila Anda memiliki “Voucher Tokopedia”, Anda bisa klik kotak untuk gunakan sebagai alat pembayaran (bisa mengurangi berapa nominal yang Anda harus bayarkan atau bisa sampai gratis apabila nominal tidak melebihi voucher). Jika sudah merasa benar maka Anda bisa klik Lanjut.

  1. Pilih metode pembayaran yang Anda inginkan, pilihannya mulai dari saldo Tokopedia, Klik BCA, BCA Klikpay, Mandiri Clickpay, Mandiri E-Cash, E-Pay BRI dan kartu kredit berlambang Mastercard, Visa, JCB, dan Debit Online. Dan mudahnya lagi saat kamu memilih pembayaran listrik online adalah dapat memilih pembayaran lewat Alfamart, Indomart, dan Seven Eleven.
  2. Klik “Bayar Sekarang” dan lakukan pembayaran.
  3. Setelah transaksi pembayaran, Anda akan mendapatkan konfirmasi via email dan SMS yang menyebutkan bahwa pembayaran telah berhasil diterima oleh pihak Tokopedia.

Ini dia langkah terakhir yang Anda akan dapatkan, apabila trasaksi mengalami kegagalan, dana pembayaran akan dikembalikan ke Saldo Tokopedia dan kamu akan mendapatkan konvirmasi via email dan SMS.

Mudah bukan melakukan pembayaran secara listrik online? Tidak ada alasan untuk telat dan malas membayar listrik tepat pada waktunya ya 😉

You May Also Like

About the Author: Rosianag

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *